Ulasan Mengenai Tekanan Udara dan Alat Ukur Udara

admin   August 11, 2016   Comments Off on Ulasan Mengenai Tekanan Udara dan Alat Ukur Udara

alat ukurUdara merupakan suatu benda yang memiliki massa sangat kecil. Namun karena keberadaannya sangat banyak, maka benda ini tidak dapat dikatakan sebagai benda yang ringan. Kita perlu mengenal gravitasi yang ditarik ke bawah sehingga akan terasa berat. Berat udara tersebut dapat diukur dengan alat ukur yang nantinya akan diketahui jumlah tekanan permukaan bumi. Tekanan inilah yang dinamakan tekanan udara. Maka dari itu dapat dikatakan tekanan udara merupakan suatu besarnya berat udara pada satu satuan luas yang berada di bidang tekan. Maka dari itu untuk mengetahui lebih lengkapnya mari kita simak ulasan berikut ini.

Tekanan Udara Dapat Diketahui Dengan Alat Ukur

Dalam ulasan di atas telah disebutkan bahwa tekanan udara dapat kita ketahui dengan mengukurnya menggunakan alat. Perlu kita ketahui bahwa tekanan udara merupakan suatu besaran turunan yang dapat kita ketahui dengan alat ukur yang dinamakan dengan barometer. Alat ini berasal dari kata yunani yakni baros yang berarti berat sedangkan metron artinya udara. Alat ini ditemukan oleh ilmuwan  bernama Robert Bowle yang berasal dari Irlandia. Ada beberapa macam barometer yang saat ini tersedia.  Diantaranya adalah barometer air, barometer air raksa, barometer aneroid, dan lainnya. Biasanya alat ini dapat Anda jumpai di laboratorium fisika.  Untuk menyatakan suatu nilai tekanan udara, biasanya para ilmuwan menyatakannya dengan istilah hektopascal. Sebenarnya penggunaan hektopascal digunakan untuk mengganti  milibar. Hektopascal merupakan satuan pengukuran dari tekanan udara layaknya centimeter pada satuan panjang suatu benda. Sebagai gambaran bahwa 1 Hektopascal memiliki arti senilai 100 Pascal dan  1 bar = 100.000 newton/m2 = 100.000 Pa.

Pada umumnya kita akan mengetahui bahwa tekanan udara akan berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Hal ini dikarenakan pada tinggi daerah tersebut dari permukaan air laut. Nah perbedaan inilah yang menjadi penyebab terjadinya angin, topan, badai, hujan, atau lainnya. Demikianlah informasi mengenai tekanan udara beserta alat ukur tersebut. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan Anda .

Related posts: