Tips Mengatasi Mata Kering

admin   August 10, 2016   Comments Off on Tips Mengatasi Mata Kering

tips kesehatanMata manusia akan selalu dalam keadaan lembab atau basah, kelembaban dan kebasahan pada mata tersebut disebabkan oleh produksi air mata yang mengalir secara terus-menerus sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada mata. Kualitas dan kuantitas air mata pada manusia harus dijaga dalam keadaan normal. Keadaan normal kelembaban mata sekitar 60%-80%. Namun bagaimana kalau produksi air mata berkurang atau terlalu berlebihan?.

Dalam kondisi ini, kurang atau lebihnya produksi air mata akan menyebabkan mata menjadi kering sehingga mata menjadi mudah iritasi dan mengalami kerusakan lensa okulernya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya sindrom mata kering mulai dari perubahan hormonal, operasi okuler, usia, obat-obatan (pil KB, pil anti histamin, obat anti radang dan obat pereda rasa sakit)  hingga aktivitas sehari-hari seperti terlalu lama melihat layar ponsel/ laptop, berkendara, kerja lapangan, asap rokok  serta dapat dikarenakan oleh gangguan penyakit seperti tiroid dan diabetes. Selain itu juga dapat dikarenakan oleh lambannya kelenjar mata dalam mengeluarkan air mata.

Gejala yang ditimbulkan biasanya adalah iritasi, mata terasa panas atau nyeri, mata merah, mata berair, perih, mudah lelah saat membaca atau menatap layar ponsel/komputer, sensitif terhadap asap rokok, angin, cahaya matahari serta penglihatan kabur. Untuk mengatasi gangguan mata kering ini secara signifikan, penderita dapat melakukan pemeriksaan pada dokter atau juga dapat melakukan perawatan di rumah. Perawatan sederhana yang dapat di lakukan sendiri di rumah dengan mudah adalah menggunakan obat tetes mata yang tidak mengandung pengawet, mengompres mata dengan air hangat, mengurangi menggunakan lensa kontak, cukup tidur, berkedip secara teratur dengan menutup mata selama 20 detik setelah menatap layar ponsel 20 menit, mengurangi intensitas berada dalam ruangan ber-AC, serta melakukan diet yang seimbang. Sebaiknya cepat konsultasikan kepada dokter apabila timbul gejala-gejala di atas yang dapat menyebabkan terjadinya mata kering karena jika tidak akan berdampak pada gangguan mata lainnya seperti alergi mata, kehilangan sensasi kornea, kerusakan bentuk kelopak mata dan infeksi mata.

Related posts: