Tentang Lagu Indonesia Raya

admin   June 27, 2016   Comments Off on Tentang Lagu Indonesia Raya

lagu indonesia rayaIndonesia, tanah airku, tanah tumpah darahku. Begitu mengena setiap lirik lagu Indonesia Raya yang melekat pada ingatan. Kenangan akan sulitnya merebut kemerdekaan begitu terasa hingga kini. Walaupun sudah lewat lebih dari 60 tahun silam. Lagu yang telah menggerakkan para pemuda ini hingga kini masih mampu membuat para nasionalis dan atlet pengharum nama bangsa menitikkan air mata. Namun, Indonesia memang belum sempurna. Mungkin juga jiwanya masih rapuh dan tidak bisa menghadapi problema di dalam negeri yang begitu pelik. Jadi ada apa dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya? Ini bukan hanya tentang lagu, tapi tentang Indonesia.

Tentang Lagu Indonesia Raya dan Tentang Indonesia

Krisis moral yang kini menjadi hal yang menjadi permasalahan besar telah menguras emosi dan membuat lagu kebangsaan tidak lagi berharga. Bagaimana bisa para pemuda yang seharusnya menjadi tiang negara yang bahu-membahu membangun bangsa malah saling menghancurkan, saling menghina dan melecehkan pahlawan? Ah sudahlah, Anda pasti tahu semua permasalahan krisis moral tersebut. Lagu Indonesia Raya yang bahkan telah diciptakan sebelum Indonesia merdeka memiliki makna yang dalam akan patriotisme. Jiwa cinta bangsa yang telah ada sejak belum merdeka. Meskipun penggubah lagu ini, yaitu WR. Soepratman sudah tiada sebelum sempat menyaksikan Indonesia merdeka.

Lagu yang dulunya memiliki sejarah yang cukup lekat memang memiliki lirik yang begitu bermakna. Sudah seharusnya lagu kebangsaan ini menjadi hal yang paling mudah untuk mengingat perjuangan para pahlawan. Karna sejatinya lagu adalah dinyanyikan dan juga didengarkan; sehingga membuat hati senang. Dengan menyerap lirik pada lagu kebangsaan Indonesia Raya; para pemuda seharusnya sudah dapat mengerti arti kemerdekaan dan artinya berjuang. Jadi, mulai sekarang saling memperbaiki diri. Jangan sampai menodai lirik lagu Indonesia Raya yang setiap upacara dinyanyikan. Nyanyikan lah dengan hati, rasakan, dan bayangkan perjuangan para pahlawan, maka Anda akan semakin menghargai keberadaan bangsa Indonesia kini dengan segala keanekaragamannya. Itu lah yang seharusnya menjadi renungan para pemuda dan bocah yang menyebar dari Sabang hingga Merauke.

Related posts: