Tahap Pemeriksaan Lanjut Untuk Mendeteksi Kanker Serviks

admin   August 7, 2016   Comments Off on Tahap Pemeriksaan Lanjut Untuk Mendeteksi Kanker Serviks

kanker serviksTuhan menciptakan tubuh manusia untuk selalu dijaga agar tetap sehat. Jika tubuh manusia itu sehat maka segala aktivitasnya juga lancar dan ini berlaku sebaliknya, jika tubuh manusia diserang suatu penyakit tertentu maka otomatis segala aktivitas dirinya akan terhambat. Bagaimana jika tubuh manusia itu diserang suatu penyakit ganas yang bernama kanker serviks? Pastilah jika manusia sudah diserang penyakit apalagi penyakit kanker yang tergolong ganas tidak hanya dapat mengganggu kegiatan sehari-harinya saja melainkan juga dapat mengancam nyawa dari manusia itu sendiri. Mengenai kanker ini secara umum masyarakat menyebutnya dengan kanker mulut rahim yang dimana sel kankernya memang menyerang mulut rahim milik perempuan. Jadi kemungkinan besar yang menderita penyakit kanker yang satu ini adalah mereka para perempuan.

Pemeriksaan Lebih Lanjut Mengenai Kanker Serviks

Kadang sering kita dengar bahwa seorang perempuan itu terlihat baik-baik saja namun setelah diperiksa lebih lanjut ternyata dalam diri perempuan terdapat sebuah penyakit yang sangat ganas yaitu kanker serviks. Cara untuk mendeteksi penyakit yang disebut juga kanker mulut rahim ini tentunya harus dibantu oleh dokter. Biasanya para dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mengecek apakah mulut rahim seorang perempuan tersebut terdapat sel kanker ataukah tidak. Dalam ilmu kedokteran sendiri sudah ada 2 cara yaitu prosedur kolposkopi dan biopsi kerucut.

Kedua cara itu ibarat permulaannya saja dan dijadikan cara pertama oleh dokter untuk mengecek dalam mulut rahim perempuan tersebut terdapat sel kanker ataukah tidak. Nah jika kedua cara tersebut belum bisa mendeteksi apakah sel kanker telah bercokol dalam mulut rahim perempuan, maka dilakukan beberapa tes seperti berikut : pertama, tes darah yang dilakukan untuk memeriksa kondisi hati, ginjal dan sumsum tulang. Kedua, pemeriksaan organ panggul yang meliputi rahim, vagina, rektum dan kandung kemih. Ketiga dilakukan pemeriksaan CT Scan dengan menggunakan komputer untuk mendapatkan gambar 3 dimensi yang berguna untuk mengetahui apakah kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain ataukah belum. Keempat dilakukan pemeriksaan X-ray dada yang dimana ini untuk mengecek apakah kanker sudah menyebar ke paru-paru ataukah belum danĀ  kelima MRI scan untuk mengecek apakah kankernya sudah menyebar ke seluruh tubuh ataukah belum dan yang terakhir adalah PET scan yang dimana ini juga untuk merespons seseorang terhadap pengobatan yang nantinya dilakukan untuk mengangkat kanker serviks.

Related posts: