Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

admin   December 8, 2016   Comments Off on Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

cara budidaya jamur tiramCara budidaya jamur tiram putih ini ditujukan bagi Anda yang telah membuat gedung penyimpanan atau pembudidayaan jamur tiram. Anda bisa menggunakan Kumbung untuk menyimpannya. Pertama, Bersihkanlah kumbung beserta rak-raknya. Lakukan penyemprotan dan pengapuran menggunakan fungisida pada bagian dalam. Biarkan sampai 2 hari. Setelah aroma obat tidak ada, baru Anda masukkan baglog dalam kumbung.

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

Cara budidaya jamur tiram putih pertama adalah dengan menyiapkan baglog. Bahan utama pembuatan baglog menggunakan serbuk gergaji. Bungkus baglog dengan plastik yang berbentuk tabung, yang mana ujungnya dilubangi. Dari lubang itulah jamur akan tumbuh ke luar. Anda bisa membuat baglog sendiri ataupun membeli dari pihak lain. Jika masih pemula, sebaiknya Anda bisa membeli baglog dengan biaya Rp. 1.500 – 3.000 per kg. Anda bisa meletakkan baglog di rak dengan vertikal, yang mana lubang baglog tersebut menghadap ke arah atas. Jika Anda menempatkan baglog secara horizontal, maka lubang baglog tersebut menghadap ke arah samping. Baglog horizontal lebih terjaga dari tersiram air yang berlebihan. Pemanenan pun akan lebih mudah. kelemahannya, peletakan baglog secara horizontal lebih memakan ruang.

Sebelum Anda meletakkan baglog ke dalam kumbung, bukalah kertas penutup dan cincin baglog. Diamkan sekitar 5 hari. Jika lantai kumbung menggunakan tanah, siramilah agar tambah lembap. Kemudian, potonglah ujung baglog agar ruang tumbuh dapat lebih besar. Diamkan sampai 3 hari. Jangan disiram terlebih dahulu, kecuali lantainya saja. Setela 3 hari berlalu, siramilah menggunakan sprayer. Sebaiknya air berbentuk kabut, bukan tetesan. Sirami sebanyak 2x sampai 3x sehari, tergantung pada kelembaban dan suhu kumbung. Usahakan suhu tetap antara 16℃ - 24℃. jika permukaan baglog sudah tertutup seluruhnya oleh miselium, jamur tiram sudah siap untuk dipanen. Biasanya antara 1 sampai 2 minggu dari mulai pembukaan baglog. Jamur dapat dipanen antara 5x – 8x, jika beruntung. 1 kg Baglog akan menumbuhkan jamur tiram sebanyak 0,7 kg – 0,8 kg. Sisa baglog yang tidak terpakai dapat digunakan sebagai kompos. Demikian uraian mengenai cara budidaya jamur tiram putih.

Related posts: