Ayo Memilih Makanan Bergizi Seimbang

admin   August 11, 2017   Comments Off on Ayo Memilih Makanan Bergizi Seimbang

tips kesehatanSalah satu ciri bangsa yang maju adalah memiliki kesehatan, kecerdasan dan produktivitas kerja, yang dapat tercapai apabila gizi terpenuhi. Gizi yang seimbang dan optimal dapat mempengaruhi perkembangan fisik, kecerdasan, produktivitas kerja meningkat serta terlindungi dari penyakit kronis, tidak mudah terkena penyakit infeksi dan kematian dini. Makanan merupakan sumber energi yang dibutuhkan manusia. Makanan yang bergizi akan lebih bermanfaat bagi tubuh karena mengandung nutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika Anda mengalami kekurangan nutrien, tubuh akan tetap melakukan aktivitas, akibatnya tubuh memperoleh energi dari perombakan lemak, yang selanjutnya membuat Anda kurus. Seseorang yang kurus dan kekurangan nutrisi dapat berpengaruh pada rendahnya tingkat kesehatan yang dimiliki.

Makanan Sehat Dan Bergizi

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi baik bagi tubuh serta tidak berbahaya bagi kesehatan. Zat gizi yang diperlukan oleh tubuh yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Sebagai makanan sumber karbohidrat adalah nasi, kentang dan roti. Kemudian makanan yang mengandung protein sebagai zat pembangun tubuh dan memperbaiki jaringan yang rusak misalnya tempe, telur dan ayam. Kemudian Anda juga membutuhkan sumber lemak sebagai cadangan energi dan pelarut vitamin A, D, E, K, sebagai sumber lemak yaitu minyak goreng dan santan. Kemudian vitamin dan mineral berfungsi menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh yaitu terdapat pada buah-buahan. Setelah semuanya terpenuhi, Anda juga harus mengonsumsi air 7-8 gelas per hari. Air mempunyai banyak manfaat bagi tubuh diantaranya sebagai media transportasi.

Makan secara sembarangan dapat menyebabkan beberapa penyakit, diantaranya diare, diabetes melitus, jantung, tifus dan kolesterol. Prinsip pedoman umum gizi seimbang adalah memakan beraneka ragam makanan, makan untuk memenuhi kecukupan energi, makan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi, konsumsi lemak dan minyak dibatasi sampai seperempat dari kebutuhan energi, menggunakan garam beryodium, memakan makanan sumber zat besi, pada bayi hanya diberikan ASI saja sampai umur 6 bulan, membiasakan makan pagi, meminum air bersih dan aman, berolahraga atau melakukan kegiatan fisik lai secara teratur, menghindari minuman beralkohol, memakan makanan yang aman bagi kesehatan dan selalu membaca label makanan kemasan.

Related posts: